4 Cara Perbaikan AC Central Setelah Melakukan Instalasi AC Central

Setelah melakukan instalasi AC Central maka selanjutnya perawatan atau maintenance ac sentral yang benar dan sesuai dengan SOP ialah melalui 4 tahapan. Tahap pertama yaitu mempersiapkan perawatan mesin, kemudian merawat dan memperbaiki mesin AC sentral bagian luar. Merawat dan memperbaiki mesin ac sentral sesuai ketentuan (SOP) dan terakhir mengevaluasi dan memeriksa (check up) hasil perawatan.

Dari 4 tahapan diatas akan kita jelaskan langkah-langkahnya satu per satu.

1. Mempersiapkan Perawatan Mesin AC

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Lakukanlah semua proses perawatan dan perbaikain sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan (SOP).
Selalu bersifat koordinatif dan koorporatif dengan atas agar membuahkan hasil yan maksimal dan efisien.
Berikan jadwal perawatan, peralatan dan pemeriksaan agar efektif dan waktu yang digunakan tidak terbuang sia-sia.

Alat-alat yang digunakan saat perawatan yaitu: cairan pembersih, lap pembersih, kompresor udara. Ketiga alat ini diurutkan sesuai prosedur perawatan yang telah ditetapkan. Dipersiksa kembali sebelum digunakan perkakas bongkar pasang dan alat ukur AC agr dapat bekerja sesuai yang dikehendaki.

2. Merawat Dan Memperbaiki Mesin Sentral Di Bagian Luar

Ingat, khusus perawatan mesin pendingin (air cooler) harus dikerjakan sesuai prosesur (SOP) yang telah ditetapkan. Gambar serta mesin AC bisa dibaca dan dianalisa dengan baik dan teliti. Untuk debu dan kotoran yang berada di bagian luar bisa dibersihkan dengan cairan pembersih secara hati-hati tanpa merusak bagian dalam mesin.

Untuk alat filter udara, evaporator (mesin uap) dan kondensor serta kompresor dapat dibersihkan setelah diberi cairan disinfectan (pembunuh kuman) dan cairan pempersih. Untuk bagian yang sulit dibersihkan terutama yang melakat pada dinding penukar kalor dapat dibersihkan dengan cairan kimia sesuai dengan prosedur yang telah tersedia.

Apabila terindikasi pipa mengalami kebocoran maka segera untuk diganti dan langsung diperbaiki. Kesalahan yang biasa terjadi pada peralatan kerja maka langsung dicari sumber kesalahannya. Kemudian untuk alat ukur, alat kontrol dan aksesori diperiksa dan lakukan perawatan berkala.

3. Merawat Dan Memperbaiki Mesin AC Sentral Sesuai SOP

Lakukanlah terlebih dahulu pembokaran mesin dengan mengeluarkan mesin refrijeran. Untuk bagian mesin maka bersihkan dengan metode vakum bagian dalam. Untuk alat seperti katub ekspansi atau pipa kapiler ekspansi maka bersihkan dengan kompresor udara. Desican dibersihkan dan diletakkan kembali seperti semula sesuai dengan langkah kerja yang telah ditetapkan.

Kemudian untuk alat seperti nosel pengkabut refrijerran dibersihkan dan dipasang kembali seperti semula dengan hati-hati dan tampa merusak alat lainnya. Apabila terdapat alat kontrol, alat pengaman listrik dan aksesori lainnya rusak maka segera diganti, dipersiksa dan lakukan perawatan secara berkala. Lakukan pengadaan pengadaan barang jika suatu saat ada alat yang rusak secara tiba-tiba. Alat yang telah mengalami kerusakan dan layak diganti maka segera dipasang dengan alat baru tanpa merusak alat lainnya.

Perlu diperhatikan dengan baik untuk refrijen caor dan pelumas agar tidak masuk keb bagian mesin kompresor.
Untuk memastikanbahwa alat telah diperbaiki dengan baik dan benar, maka lakukanlah re-instal untuk mengecek alat apakah sudah dapat digunakan dengan baik atau belum. Lakukan perawatan AC sentral ini dengan hati-hati dan tidak terburu-buru agar tidak ada lagi pengulangan pekerjaan. Kerjakan semua pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah disepakati dan kontrak kerja yang ada.

4. Evaluasi dan Mengecek Kembali Hasil Perawatan

Pastikan semua pekerjaan dilakukan dengan profesional dan berkualitas agar tidak perjadi pengulangan pekerjaan.
Apabila terjadi penyimpangan atau masalah yang sedikit saja langsung didiskusikan kepada pimpinan melalui proseur yang berlaku.

Dicatat dan diteliti semua proses kerja dalam buku perawatan mesin AC sentral dan jadawalkan untuk perawatan selanjutnya. Dan terakhir periksa dengan seksama hasil pekerjaan lagi agar lebih meyakinkan bahwa mesin AC sentral telah benar-benar diperiksa dan diperbaiki.

Laporan kepada pimpinan kerja bahwa pekerjaan telah selesai dilaksankan sesuai prosedur yang berlaku.
Demikian penjelasan tentang cara dan langkah-langkah melakukan perawatan AC sentral. Semoga bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat. Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *